Fungsi pendidikan



Fungsi pendidikan
Pendidikan adalah suatu hal yang mempunyai manfaat bagi manusia, oleh karna itu mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.Memberi Pengetahuan
Bagi kehidupan seseorang pendidikan merupakan sebuah proses seseorang untuk mempelajari ilmu kehidupan, pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan dalam kehidupannya yang kemudian setelah mengerti bagaimana ia harus bertindak, dan membangun dirinya sebagai orang yang mampu bertahan dan membawa hidupnya menuju sukses.
2. Mensejahtertakan kehidupan
Dengan pendidikan manusia di ajarkan tentang berbagai ilmu pendidikan dimana ilmu tersebut dapat di manfaatkan untuk menjalani kehidupannya, pendidikan seseorang yang tinggi akan semakin tinggi pengetahuaannya,seperti pengetahuan bagaimana mencari pekerjaan yang mampu mencukupi dan mesejahterahkan kehidupan seseorang, keluarga,masyarakat,dan negara.
3.Bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain
Seseorang yang berpindidikan mampu membawa hidupnya untuk maju dan Dalam lingkungan masyarakat mampu membawa lingkungan nya menuju lebih baik, menyelesaikan masalah, bekerja sama dan mengarahkan ke dalam hal positif dan bermanfaat untuk  membangun wilayah yang makmur dan mesejahterakan masyrakat. Seperti mengajak masyrakat dalm perkumpulan karang taruna remaja, dan kegiatan sosial lainnya.
4.Memajukan bangsa dan negara
Bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, orang yang berpendidikan sangat di butuhkan, negara membutuhkan generasi yang cerdas yang bisa membangun negara dalam membangun negara yang makmur mampu bersaing negara lain, mampu menciptakan IPTEK yang lebih baik. Seseorang yang telah mempelajari sebuah ilmu yang mendalam akan mampu menciptakan IPTEK nya sendiri, seperti penemuan tentang bahan bakar kendaraan selain bensin dan solar, perancang busana, dan lain sebagainya. Anak anak bangsa seperti itulah yang dibutuhkan negara untuk membawa negara pada kemajuan bangsa dan negara. Oleh karna itu pendidikan hal dasar yang penting progam awal membangun negara yang makmur dan maju.  
5.Membedakan mana yang baik dan buruk
Selain bermanfaat dalam kehidupan duniawi pendidikan juga mengajarkan tentang pendidikan agama mempelajari tentang ilmu ilmu ke agamaan.
Dalam kehidupan beragama, pendidikan berfungsi untuk mengajari manusia dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, pendidikan agama akan sangat berfungsi bagi pendidikan yang lain, karna pendidikan agama mengajarkan seseorang unruk memanfaatkan pendidikan yang dimiliki kejalan yang benar.
Pendidikan berfungsi sebagai salah satu cara manusia untuk mencapai kesuksesan manusia di dunia maupun di akhirat.